Perlukah Toyota Agya Dipanaskan Sebelum Berangkat?

Sampai saat ini dengan mudah kita menemui orang yang memanaskan mesin mobilnya sebelum berangkat selama lima menit atau lebih. Jika pada pagi hari, maka waktu yang digunakan untuk memanaskan mobil itu berlangsung lebih. Pertanyaannya, apakah perlu mobil agya anda dipanaskan dahulu? Jawabannya singkat, ”Tidak!”

Toyota Agya adalah mobil keluaran baru dan sudah menggunakan injeksi bahan bakar minyak elektronis dan sudah menggunakan pengapian elektronis. Begitu Anda menghidupkan mesin, dan lampu-lampu indikator di dashboard mati, maka Anda dapat langsung menjalankan mobil. Pemanasan mobil lebih efektif dilakukan sambil mobil agya anda dijalankan.

Memanaskan mobil dalam keadaan berhenti (statis) adalah kegiatan yang hanya membuang-buang bahan bakar minyak saja. Memanaskan mobil berlama-lama di suatu tempat juga hanya akan membuat udara di sekitar tempat itu dicemari oleh emisi yang dikeluarkan dari knalpot. Namun, sebagian besar pengendara mobil masih melakukannya walaupun berbagai tulisan telah diterbitkan untuk meyakinkan bahwa hal itu tidak diperlukan.

Kegiatan memanaskan mobil lebih relevan dilakukan untuk mobil-mobil lama yang masih menggunakan karburator yang dilengkapi dengan choke dan platina. Pada zaman dulu, pada masa teknologi otomotif masih belum maju, memanaskan mobil memang diperlukan. Pada masa itu, bahan baku yang digunakan untuk membuat mesin belum semaju sekarang. Selain itu, oli pun yang ditampung di bagian bawah mesin bawah, secara perlahan-lahan naik ke bagian atas mesin melalui batangan-batangan besi yang juga berfungsi menggerakkan katup. Lalu sistem pengkabutan bensin di karburator belum sempurna sehingga harus menunggu mesin panas dulu.

Namun, kini segalanya telah berubah. Bahkan, oli yang berada di bagian bawah mesin langsung dipompa ke bagian atas mesin. Hanya diperlukan waktu tidak sampai dari 30 detik untuk membuat oli bersirkulasi dengan baik. Mesin menjadi panas jauh lebih baik jika dijalankan ketimbang memanaskannya dalam keadaan berhenti. Dan, ada banyak contoh mobil yang tidak pernah dipanaskan dan mesinnya masih dalam keadaan prima setelah dijalankan lebih dari 250.000 kilometer.

Eits, tapi itu tips buat mobil yang rutin dipakai ya... hehe

LALU, Bagaimana jika Agya anda jarang dipakai? Perlu dipanasin gak ya? Silahkan baca artikelnya DISINI

0 Response to "Perlukah Toyota Agya Dipanaskan Sebelum Berangkat?"

Post a Comment