Cara Menghilangkan Baret/Goresan Pada Mobil Agya

Mobil Agya anda baret alias tergores? Wah, pasti kecewa banget ya. hehe. Kebetulan saya pun baru mengalaminya. Gara-gara kepaksa harus ngerem ngedadak dan dari belakang ada motor, braak.. akhirnya baret lah agya saya. Tapi, jangan khawatir. Setelah googling dan lihat beberapa video tutorial cara menghilangkan baret mobil di youtube, alhamdulillah baret bisa hilang. Lalu, gimana caranya ya?

Sebelum kita masuk pada cara menghilangkan goresan pada cat mobil ataupun bodi mobil, ada baiknya sekarang kita mengenal beberapa jenis goresan itu sendiri. Hal ini penting karena masing-masing goresan memiliki cara penanganan yang berbeda. Beberapa jenis goresan pada bodi mobil :

Goresan ringan, yaitu goresan yang tidak melukai susunan cat. Misalnya goresan pada cat mobil yang diakibatkan karena terkena kuku ataupun terkena lapisan lap yang sedikit kasar. Cara menghilangkan goresan di bodi mobil seperti ini cukup dengan menggunakan produk pemoles (wax, kompon, swril remover, maupun stratch remover) yang dioleskan atau disemprotkan pada kain bertekstur lembut (dapat menggunakan kain mikrofiber), lalu gosokan berulangkali pada daerah bodi mobil yang tergores. Setelah itu sempurnakan dengan menyemprotkan cairan polish agar permukaan cat mobil kembali bersih dan bercahaya.

Goresan sedang, yaitu goresan yang sudah sampai mengenai cat dasar. Biasanya terjadi karena tangan-tangan usil, tergores kawat, ataupun tergores ranting dahan pohon. Cara menghilangkan goresan pada cat mobil yaitu dengan terlebih dahulu membersihkan permukaan yang tergores menggunakan grease remover dan wax. Setelah itu Anda dapat melakukan pengecatan ulang pada bodi mobil Anda yang tergores.

Goresan dalam, yaitu jenis goresan yang sudah menembus lapisan cat dasar dan mengenai logam bodi mobil. Biasanya tidak ada cara lain selain mengecatnya kembali. Cara menghilangkan goresan pada bodi mobil di jenis goresan ini ialah dengan mengamplasnya beberapa kali lalu semprotkan cat mobil yang sudah dicampur dengan thinner berkualitas. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk segera mendatangi bengkel cat mobil terdekat di daerah Anda.

OK. Langsung aja ya, begini cara menghilangkan baret pada mobil agya anda:

Bersihkanlah bodi mobil agya anda tepat pada bagian dimana terdapat goresan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang melekat pada cat bodi mobil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mencuci sisi mobil yang tergores dengan air.

Cara menghilangkan goresan pada cat mobil yang kedua, yaitu setelah dicuci bersih, keringkan sisi bodi mobil yang tergores menggunakan lap berbahan chamois alias kanebo hingga sisi bodi mobil benar-benar kering.

Oleskanlah produk penghilang goresan (scracth remover) pada cat mobil yang dapat Anda temui dipasaran. Pilih produk yang terkenal memiliki kualitas baik. Produk menghilang goresan pada cat bodi mobil dapat menyamarkan goresan pada mobil Anda. Kalau saran saya sih anda bisa menggunakan Nu Finish Scratch Doctor. Produk ini bisa anda beli di Ace Hardware. Harganya juga tidak terlalu mahal. Yang penting hasilnya kan? Jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaiannya dengan cermat.



Anda juga boleh menggunakan kompon (compund). Namun ingat, untuk mengaplikasikan kompon hanya seperlunya saja. Kompon dapat menyamarkan goresan pada permukaan cat mobil dengan cara kerja mengikis lapisan cat mobil Anda. Oleh karena itu, jika Anda terlalu banyak menggunakan kompon, maka lapisan cat mobil Anda akan semakin tipis. Kompon dapat dibeli ditoko-toko bangunan atau toko variasi mobil dan motor.

Aplikasikan produk penghilang goresan atau kompon dengan menggunakan kain lap bertekstur lembut. Pastikan kain tersebut bersih dan pastikan pula tidak ada pasir atau partikel keras tajam yang ada pada kain lap. Hal ini untuk menghindari timbulnya goresan-goresan baru pada cat mobil Anda.

Apabila goresan di mobil agya anda sudah mulai tersamarkan dan hilang, Anda dapat melanjutkan ke tahap finishing, yaitu memoleskan cairan atau gel pengkilap cat mobil agar sisi bodi mobil kembali mengkilap. Inilah cara menghilangkan goresan pada cat mobil yang selanjutnya. Namun jika ternyata masih tampak sedikit bekas goresan, Anda dapat mengulangi langkah dengan menggosok kembali dengan produk penghilang goresan ataupun kompon. Hingga didapat goresan di agya anda benar-benar hilang.

Begitulah caranya. Mudah bukan? Kalau anda mau lihat video tutorialnya, silahkan simak video ini:




0 Response to "Cara Menghilangkan Baret/Goresan Pada Mobil Agya"

Post a Comment