Tips Mencuci Mesin Toyota Agya

Mesin adalah bagian paling sensitif dari mobil. Cara mencuci mobil agya dengan benar untuk bagian mesin ini diperlukan cara yang tepat dan hati-hati. Di dalamnya ada bagian mesin yang mesin yang tidak boleh terkena air seperti bagian acu, kabel, dan sensor.

Mencuci mobil bagian mesin dengan menggunakan air sebetulanya tidak disarankan. Sebab, bagian mesin memiliki banyak komponen kelistrikan dan elektronika. Selain dapat mengganggu kabel-kabel ataupun soket-soket kelistrikan, komponen elektronika berupa sensor-sensor dapat mengalami kerusakan jika terkena air. Jika kondisi ini sudah terjadi, mesin mobil tentu tidak akan bisa menyala.

Untuk membersihkan mesin, sebaiknya pemilik menghindari penggunaan air. Jika terpaksa, lakukan pembersihan dengan menggunakan kain lap atau kuas kecil yang dibasahi air. Lalu, lap atau sikatlah bagian mesin dengan hati-hati. Pastikan jika tidak ada air yang masuk ke komponen sensor melalui soket-soket kelistrikan.

Sementara untuk mengusir kotoran yang membandel, bersihkan pula dengan sedikit air sabun atau cairan engine degreaser. Penggunaan engine degreaser dapat disemprotkan ke mesin karena memakai selang kecil yang langsung menuju bagian yang akan dibersihkan tanpa mengenai kabel-kabel atau komponen kelistrikan. Setelah disemprot, segera bersihkan dengan lap hingga benar-benar tak ada kotoran yang tersisa.

Untuk menghilangkan lemak atau minyak yang melekat pada mesin, anda bisa menggunakan sabun pencuci atau minyak tanah.

Cara-cara di atas memang membutuhkan lebih banyak usaha dan tenaga. Namun, risiko terjadinya kerusakanan pada mesin lebih kecil dibandingkan dengan mengguyur atau menyemprotkan air ke mesin mobil. Selamat mencoba.

0 Response to "Tips Mencuci Mesin Toyota Agya"

Post a Comment