Seberapa iritkah konsumsi bbm Agya?

Kalau merujuk pada peraturan pemerintah mengenai LCGC ( Low Cost Green Car ) maka syarat minimum adalah mampu menempuh 20km dengan 1 liter bahan bakar. Sudah terbukti bahwa ada beberapa rekan disini yang tembus lebih dari 20 km / liter bahan bakar. Tapi ada juga yang hasil nya dibawah angka 20 km / liter bahan bakar.
Untuk menentukan seberapa irit konsumsi BBM sebuah kendaraan baik LCGC maupun mobil lain ( truk, sedan, jeep, bahkan bajaj sekalipun ) ada beberapa faktor yang memegang peranan, antara lain :
1. Kualitas bahan bakar yang digunakan. 
2. Kondisi lalu lintas, apakah lancar atau macet parah. 
3. Pengaturan termostat suhu AC, apakah dipasang mentok dingin? 
4. Kondisi tekanan ban. Apakah sesuai standar atau kurang angin? 
5. Berat muatan kendaraan. Apakah full 5 orang dewasa atau 1 orang saja. 
6. Kondisi jalanan apakah datar terus, atau banyak tanjakan. 
7. Apakah kendaraan dirawat dengan baik sesuai jadwal dan ketentuan servis? 
8. Apakah pengemudi sudah melakukan ECO DRIVING. Eco Driving adalah cara berkendara dengan baik dan benar dengan tujuan utama adalah memaksimalkan penggunaan bahan bakar.
Ada bebarapa cara untuk melakukan Eco Driving, antara lain tidak berakselerasi terlalu cepat (jangan injak gak terlalu dalam) = injak gak dengan halus jangan dibejek, oper gigi saat di RPM 2000-2500, saat melihat lampu merah walaupun masih jauh di depan sebaiknya lepaskan gas dan biarkan mobil meluncur (gigi jangan di netralkan) dan atur supaya pas lampu hijau jadi bisa jalan terus, jangan membawa barang-barang yang tidak diperlukan, dll



0 Response to "Seberapa iritkah konsumsi bbm Agya?"

Post a Comment