Perlukah Ban Agya Anda Diisi Nitrogen?

Salah satu komponen penting untuk Toyota Agya anda sudah barang tentu adalah BAN. Perlukah ban Agya anda diisi nitrogen?

Mengisi ban dengan nitrogen harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan menggunakan angin biasa. Namun, ada harga tentu ada kualitas dan keuntungan yang diberikan oleh nitrogen.

Mengisi ban dengan nitrogen memang sangat disarankan. Efek ke depannya bisa membuat ban Agya anda bisa menjadi lebih tahan lama. Ini berlaku tidak hanya ketika menggunakan ban baru, tetapi juga untuk seterusya.

Bila ban menggunakan udara biasa maka ban akan mengandung uap air. Semakin banyak uap air yang ada, maka bisa meresap masuk ke lapisan ban, melalui pori-pori ban. Sementara itu di dalam lapisan ban ada yang namanya steel belt (sabuk baja), kalau komponen ini terkontaminasi dengan air maka lama kelamaan bisa menjadi  berkarat.

Bila komponen steel belt sampai berkarat, maka akan terjadi separation, yaitu pelepasan antara steel belt dengan lapisan lain di dalam ban yang berujung pada kerusakan yang lebih cepat dari seharusnya.

Maka dari itu alangkah baiknya jika ban Agya anda menggunakan nitrogen. Bukan hanya tidak mengandung air, nitrogen juga bisa menjaga tekanan ban tetap stabil, dan ban lebih awet.


0 Response to "Perlukah Ban Agya Anda Diisi Nitrogen?"

Post a Comment